Cara Pakai Google Translate Terjemahan Percakapan Lewat iPhone, Android & Kamera HP di Google Translate

Dalam Artikel ini Anda akan Belajar. 6 Cara Mudah Pakai Fitur Google Translate. Cara Pakai Google Translate Terjemahan Percakapan Lewat iPhone, Android & Kamera HP di Google Translate.Terjemahan Percakapan di Google Translate Bisa Disimpan. 10 Aplikasi Penerjemah Selain Google Translate yang Bisa Digunakan & 10 Terjemahan Google Translate Kocak di Luar Dugaan, Auto ‘Ketawa Nangis.

Hampir semua aplikasi dan layanan milik Google populer di semua kalangan, sebab layanan Google kebanyakan tidak berbayar alias gratis.
Di samping itu layanan Google ini memang memiliki fungsi yang sangat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari salah satunya Google Translate yang telah menjadi layanan terjemahan bahasa tak tertandingi untuk saat ini.

Kini lebih dari satu dekade setelah dirilis pada Januari 2010 aplikasi Google Translate di Android telah menorehkan sejarah besar.

Sejak dirilis Google Translate telah mencapai lebih dari 1 miliar unduhan di Google Play Store. Pemasangan ini berasal dari pengguna dan bukan OEM karena aplikasi ini bukan bagian dari paket aplikasi inti GMS (Layanan Seluler Google) wajib.

Angka yang sudah dicapai Google Translate ini pun tidak mengherankan karena sudah lebih dari satu dekade sejak aplikasi Google Translate Android diperkenalkan.

Saat ini, aplikasi Google Translate Android mendukung 109 bahasa, transkripsi, pengucapan, terjemahan offline, terjemahan kamera, mode gelap, dan masih banyak lagi.

6 Cara Mudah Pakai Fitur Google Translate, Siswa Coba Yuk!

Cara Menggunakan Fitur Google Translate

Google Translate dapat diakses secara online melalui browser dan aplikasi. Aplikasi Google Translate dapat diunduh melalui App Store maupun Play Store. Namun, saat ini Google Translate juga menyediakan fitur penerjemah offline atau luring. Berikut cara menggunakan fitur Google Translate selengkapnya:

Terjemahan Teks

Fitur pertama dan yang paling klasik dari Google Translate adalah terjemahan teks atau type to translate. Melalui fitur ini, detikers dapat memasukkan teks untuk diterjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan. Caranya, atur bahasa terlebih dahulu, kemudian ketik atau copy kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan.

Terjemahan Dokumen

Google Translate juga dapat digunakan untuk menerjemahkan dokumen, baik file word maupun PDF. Caranya hampir sama dengan fitur terjemahan teks sebelumnya, detikers tinggal memasukkan dokumen yang ingin diterjemahkan dengan cara klik bagian dokumen pada browser Google Translate.

Terjemahan Suara

Fitur terjemahan selanjutnya adalah terjemahan suara atau speak to translate. Fitur ini dapat membantu mengalihbahasakan dengan cepat karena detikers hanya perlu mengucapkan kata atau kalimat yang akan diterjemahkan. Pastikan tidak ada gangguan suara lain agar kata yang diucapkan dapat dideteksi oleh Google Translate dengan baik.

Cara menggunakan fitur terjemahan suara ini adalah pilih menu voice yang tertera pada layanan Google Translate. Kemudian, ucapkan kata yang ingin diterjemahkan. Pastikan detikers sudah mengatur input dan output bahasanya, ya!

Terjemahan Kamera

Fitur kamera merupakan salah satu fitur Google Translate yang tergolong baru. Melalui fitur kamera, detikers tidak perlu mengetik kata atau kalimat untuk diterjemahkan. Melainkan hanya perlu mengaktifkan fitur kamera (ketuk logo kamera) lalu arahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan.

Fitur akan memindai teks secara otomatis dan menerjemahkannya.

Terjemahan Tulis

Fitur lainnya adalah terjemahan tulis atau write to translate. Fitur satu ini hanya bisa digunakan bahasa yang tidak menggunakan alfabet latin atau aksara Romawi. Contohnya adalah bahasa Mandarin dengan aksara Hanzi, bahasa Korea dengan aksara Hangeul, dan bahasa semacamnya.

Caranya menggunakan fitur ini adalah pilih ikon pensil yang terdapat pada Google Translate, kemudian tulis aksara yang ingin diterjemahkan. Pada bagian bawah akan ada sugesti aksara yang dimaksud. Pilih aksara yang sesuai, lalu terjemahkan ke dalam bahasa yang diinginkan.

Terjemahan Luring

Google Translate juga menyediakan fitur offline atau luring. Fitur ini memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat menerjemahkan teks tanpa bantuan koneksi internet. Namun, fitur ini hanya tersedia untuk aplikasi saja. Pastikan detikers mengunduh versi terbarunya baik pada perangkat Android maupun iOS.

Cara mengaktifkan fitur Google Translate luring ini cukup dengan mengubah pilihan terjemahan yang berada pada sisi kiri atas layar Translate. Pilih offline translation, lalu pilih bahasa yang ingin digunakan pada saat offline.

Setelah itu, klik unduh atau download dan Google Translate offline siap digunakan. Yuk coba menggunakan Google Translate!

Cara Pakai Google Translate Terjemahan Percakapan Lewat iPhone & Android

Masalah percakapan biasanya terkendala karena masalah bahasa. Namun kini Google Translate dapat menerjemahkan percakapan langsung lewat iPhone, Android dan Laptop.
Ya Google bisa menerjemahkan dari percakapan langsung tanpa perlu mengubah dialog menjadi teks. Dilansir Google Support, Google Translate terjemahan langsung dapat menerjemahkan kata dan frasa yang diucapkan jika perangkat memiliki mikrofon. Dalam beberapa bahasa, kamu akan mendengar terjemahan diucapkan dengan jelas.

Ada sekitar seratusan bahasa yang tersedia di aplikasi Google Translate terjemah langsung. Seperti bahasa Inggris, Korea, Arab, China, Jepang, Prancis, dan Jerman. Jangan lupa untuk mendownload Google Translate di Android dan iPhone.

A. Google Translate Terjemahkan Percakapan Langsung dengan Android:

  1. Unduh Google Translate
  2. Buka aplikasi Google Translate
  3. Di bagian atas layar, tap tombol bahasa untuk memilih pasangan bahasa yang ingin diterjemahkan.
  4. Tap ucapkan tanda Speak. Jika tombol ini berwarna abu-abu, bahasa yang diucapkan belum dapat diterjemahkan.
  5. Saat diberi tahu untuk ‘Ucapkan sekarang’, ucapkan apa yang ingin diterjemahkan.

Mengubah setelan ucapan

  1. Buka aplikasi Google Translate
  2. Tap Menu seperti tanda garis tiga lalu setelan.
  3. Tap Masukan ucapan:

Memblokir kata yang menyinggung

  1. Buka aplikasi Google Translate.
  2. Di kanan bawah, tap setelan setting. Lalu masukkan ucapan.
  3. Aktifkan blokir kata yang menyinggung.

Untuk menerjemahkan kata yang menyinggung, nonaktifkan Blokir kata yang menyinggung.
Untuk memilih dari dialek bahasa yang tersedia, tap bahasa pada bagian ‘Dialek’. Tidak semua bahasa memiliki dukungan dialek.

B. Google Translate Terjemahkan Percakapan Langsung dengan iPhone dan Ipad:

  1. Unduh Google Translate
  2. Buka aplikasi Google Translate.
  3. Di bagian atas layar, tap tombol bahasa untuk memilih pasangan bahasa yang ingin diterjemahkan.
  4. Tap tanda Speak. Jika tombol ini berwarna abu-abu, bahasa yang diucapkan belum dapat diterjemahkan.
  5. Saat diberi tahu untuk ‘Ucapkan sekarang’, ucapkan apa yang ingin diterjemahkan.

Mengubah wilayah atau dialek:

  1. Buka aplikasi Google Translate.
  2. Di kanan bawah, tap setelan setting lalu dialek.
  3. Tap bahasa yang dialek atau wilayahnya ingin diubah. Namun tidak semua dialek tersedia untuk beberapa bahasa.
  4. Tap wilayah yang terhubung dengan dialek yang diinginkan.

C. Google Translate Terjemahkan Percakapan Langsung dengan Laptop:

  1. Buka halaman Google Translate.
  2. Di kiri bawah kotak teks, klik ikon Speak.
  3. Saat diberi tahu untuk ‘Ucapkan sekarang’, ucapkan apa yang ingin diterjemahkan. Untuk berhenti merekam, klik ikon Speak.

Mumpung lagi santai, yuk coba google translate percakapan langsung sekarang. Selamat mencoba!

Baca juga:

Cara Menerjemahkan Bahasa Lewat Kamera HP di Google Translate

Ada berbagai fitur penerjemah yang disediakan Google Translate, termasuk menerjemahkan teks melalui kamera ponsel. Caranya, Anda tinggal mengarahkan kamera ke teks yang ingin diterjemahkan.

Kemudian, Google Translate akan memindai teks tersebut dan secara otomatis akan diterjemahkan sesuai dengan bahasa yang Anda pilih. Jadi, Anda tidak perlu lagi menyalin (copy) dan menempel (paste) teks ke kolom Google Translate untuk menerjemahkannya.

Untuk bisa mengakses fitur ini, Anda perlu memiliki aplikasi Google Translate di HP Android atau iPhone terlebih dulu.

Apabila Anda ingin mencoba fitur ini, berikut cara menerjemahkan bahasa lewat kamera ponsel di Google Translate. Unduh aplikasi Google Translate via Google Play Store (Android) dan App Store (iPhone), kemudian install aplikasi tersebut.

Buka aplikasi Google Translate, lalu atur terjemahan bahasa, misal terjemahkan bahasa Indonesia ke bahasa Inggris.

Pengaturan terjemahan bahasa ini dapat diakses secara cepat melalui ikon dua panah saling berlawanan di halaman awal aplikasi Setelah mengatur terjemahan pada halaman awal aplikasi, klik ikon kamera untuk mengakses opsi terjemahan bahasa lewat kamera ponsel Kemudian, kamera ponsel akan terbuka dan Anda bisa mulai menerjemahkan bahasa lewat teks yang ditangkap lewat kamera.

Translate camera

Selanjutnya, Anda akan disajikan dengan tiga cara untuk menerjemahkan bahasa lewat kamera di aplikasi Google Translate.

  • Pertama, Instant. Anda bisa menerjemahkan teks secara langsung tanpa perlu mengambil gambar. Jadi, Google Translate akan secara otomatis memindai teks yang muncul di layar kamera ponsel Anda. Caranya klik opsi “Instan” yang berada di bawah layar aplikasi. Dengan opsi tersebut, Anda cukup mengarahkan kamera ke teks yang ingin Anda terjemahkan. Kemudian, Google Translate bakal langsung memindai dan menerjemahkan teks yang muncul di layar kamera ponsel Anda. Hasil terjemahan juga bakal muncul saat itu juga.
Translate-camera
  • Kedua Instant, Anda bisa menerjemahkan teks dari hasil tangkapan kamera. Kamera ponsel Anda akan menangkap gambar yang berisi teks, kemudian teks tersebut bakal dipindai dan diterjemahkan oleh Google Translate. Untuk mengakses fitur ini, caranya klik opsi “Pindai”. Setelah teks ditangkap oleh kamera ponsel dan dipindai Google Translate, Anda bisa memilih teks mana saja yang akan diterjemahkan dengan blok teks yang muncul di gambar hasil tangkapan kamera ponsel. Setelah itu, klik ikon panah yang terletak di bagian atas layar. Google Translate akan mulai proses penerjemahan bahasa, lalu hasilnya bakal muncul di kolom terjemahan Google Translate.
  • Ketiga. Import. Anda juga bisa menerjemahkan bahasa lewat gambar yang sudah ada di galeri ponsel Anda. Caranya, klik opsi “Impor” yang berada di dalam opsi menerjemahkan bahasa lewat kamera di Google Translate. Gambar yang Anda pilih akan dipindai dan diterjemahkan oleh Google Translate sama seperti cara yang kedua. Anda bisa memilih teks yang ada di gambar tersebut untuk diterjemahkan. Hasilnya juga bakal muncul di kolom terjemahan Google Translate. Proses pemindaian tersebut membutuhkan waktu sampai teks berhasil diterjemahkan. Semakin banyak teks yang dipindai maka semakin lama juga proses penerjemahannya. Kemudian perlu diketahui, proses penerjemahan di Google Translate membutuhkan koneksi internet. Jadi, pastikan bahwa ponsel Anda telah terhubung dengan koneksi internet apabila ingin menerjemahkan bahasa melalui aplikasi Google Translate. Dalam menjajal cara ini, KompasTekno menggunakan ponsel dengan sistem operasi iOS. Berbeda sistem operasi, mungkin akan berbeda letak opsinya. Demikian cara menerjemahkan bahasa lewat kamera ponsel di Google Translate, selamat mencoba.

Baca juga:


Hasil Terjemahan Percakapan di Google Translate Kini Bisa Disimpan

Pada Maret lalu, Google membawa fitur Transcribe ke dalam penerjemah Google Translate. Dengan fitur tersebut, Google Translate bisa digunakan untuk menerjemahkan percakapan langsung ke dalam teks. Kini, melalui pembaruan teranyar, Google memberikan keleluasaan kepada pengguna Transcribe di Google Translate untuk menyimpan teks hasil dari terjemahan. Biasanya, untuk menyimpan teks hasil terjemahan, pengguna harus melakukan secara manual dengan melakukan copy-paste.

Dengan pembaruan ini, pengguna cukup mengetuk simbol bintang yang tersedia pada kolom hasil terjemahan. Dengan mengetuk tanda bintang tersebut, pengguna bisa menyimpan teks dan membuka kembali di kemudian hari.

Selain fitur penyimpanan, kini Google Translate juga memungkinkan pengguna untuk mengonversi audio dalam format yang panjang menjadi teks terjemahan. Sebelumnya Google Translate sudah bisa mengubah percakapan langsung menjadi teks.

Namun teks tersebut belum diterjemahkan ke bahasa lain, apalagi menerjemahkan kalimat dalam diskusi panjang.

Google segera menghadirkan fitur Trancribe lewat update yang akan hadir pada Google Translate. “Kami menyadari dan menganggap celah tersebut sebagai bagian penting dalam proses berkomunikasi pada manusia. Maka dari itu kami menciptakan fitur ini,” tutur juru bicara Google. Untuk menggunakan fitur ini, pengguna akan menemukan opsi baru bernama “Transcribe”.

Pengguna bisa menekan tombol “Trancribe” yang tersedia pada menu aplikasi. Dirangkum KompasTekno dari Android Central, cara kerja pada fitur baru ini serupa dengan aplikasi Live Transcribe, di mana proses transkrip (dari suara ke teks) tidak terjadi pada ponsel, karena diproses di Google Cloud dan Tensor Processing Unit (TPU).

Dengan kata lain, Google Translate Transcribe dapat bekerja berkat kombinasi antara fitur terjemahan secara langsung dengan perangkat TPU. Fitur Live Transcribe sendiri merupakan salah satu fitur Google yang diciptakan untuk membantu pengguna dengan gangguan pendengaran.

10 Aplikasi Penerjemah Selain Google Translate yang Bisa Digunakan

Google Translate mungkin masih jadi aplikasi penerjemah pilihan bagi sebagian besar pengguna internet. Namun Google Translate ternyata bukan satu-satunya aplikasi yang bisa digunakan saat mengalami kesulitan berbahasa asing.

Tedikitnya ada 10 aplikasi penerjemah yang saat ini bisa digunakan. Sebagian aplikasi dapat digunakan di gadget berbasis android dan iOS atau salah satunya.

Berikut 10 aplikasi penerjemah selain Google Translate

Translate Now

Translate now

Aplikasi yang tersedia untuk pengguna iOS dan android ini bisa membantu komunikasi dalam berbagai bahasa asing. Terutama yang digunakan di kawasan Asia dengan berbagai gaya dan cara pengucapan (dialek).

Translate Now bisa menerjemahkan bahasa lewat teks dan suara, sehingga pengguna bisa mendapatkan hasil terjemahan lebih cepat. Untuk suara, pengguna cukup langsung mengucapkannya di aplikasi tanpa harus mengetik di gadget.

Language Translator and Voice

Language Translator and Voice sangat disarankan bagi turis, pelajar, dan siapa saja yang sedang mempelajari bahasa asing. Aplikasi yang meng-cover lebih dari 100 bahasa ini dapat langsung mendeteksi bahasa asing yang digunakan.

Language Translator and Voice

Sebagai aplikasi penerjemah instan, Language Translator and Voice dapat langsung mengatasi kesulitan komunikasi global. Dengan hasil terjemah yang tidak perlu menunggu lama, aplikasi ini sangat cocok bagi yang sering mengalami keterbatasan bahasa.

Translator with Speech

Aplikasi yang tersedia bagi pengguna android dan iOS ini cocok bagi yang ingin bermain sambil belajar bahasa. FluentU menyebutnya sebagai entertaining app, yang bisa jadi teman saat sedang dalam perjalanan dan mengalami kesulitan bahasa asing.

Translator with Speech meng-cover sekitar 92 bahasa termasuk yang tidak banyak digunakan misal Chichewa, Azerbaijani, Croatian, Swahili, Telugu, dan Romanian. Aplikasi juga menyediakan layanan cara mengucapkan bahasa asing yang benar, sehingga pengguna tak perlu khawatir salah pengucapan.

Travel Phrasebook

Traveler pengguna android dan iOS tak perlu khawatir mengalami kesulitan berbahasa di negara orang. Aplikasi ini mencakup kata dan kalimat penting yang wajib diketahui saat berada di negara lain. Semua topik komunikasi dasar ditandai dengan gambar misal cara menyapa, makan, penyebutan nomor, dan tema lainnya.

Travel Phrasebook

Aplikasi ini juga cocok bagi yang sedang melatih cara berbicara dalam bahasa asing. Salah satu layanan yang disediakan adalah merekam diri sendiri saat mengucapkan kata atau kalimat. Pengguna bisa membandingkannya dengan suara native speaker dalam aplikasi, sehingga bisa diketahui kesalahan dan cara memperbaikinya.

iTranslate

Aplikasi iTranslate tersedia dalam bentuk gratis atau berbayar bagi pengguna iOS dan android. Kelebihan iTranslate adalah kemampuan menerjemahkan dictation bagi yang sedang belajar bahasa asing.

iTranslate

Fitur unggulan lain aplikasi ini adalah kemampuan memutar playback rekaman dan menurunkan kecepatannya. Fungsi ini mengurangi risiko salah pengucapan dan salah paham saat berkomunikasi.

TripLingo

FluentU mengklaim aplikasi in sebagai pilihan para traveler internasional, yang berisiko mengalami keterbatasan dalam berkomunikasi. Aplikasi ini mencakup 23 bahasa dalam versi gratis dan lebih banyak bentuk berbayar.

triplingo

TripLingo yang bisa diakses pengguna android dan iOS ini, bisa menerjemahkan beberapa kalimat percakapan. Hasil terjemahan bisa digunakan untuk bahan belajar artikulasi dan struktur bahasa. Kelebihan lain adalah kemampuan menerjemahkan kalimat atau kata slang, sehingga traveler tak perlu khawatir saat berkomunikasi dengan warga lokal.

SayHi

Saat ini aplikasi SayHi hanya bisa diakses pengguna iPhone dan iPad. Aplikasi ini mencakup 100 bahasa plus dialek yang tepat untuk beberapa kata. Hasil terjemahan tersedia dalam suara laki-laki dan perempuan yang bisa diganti.

SayHi

Kecepatan suara hasil terjemah bisa diturunkan, sehingga pengguna dapat langsung mengerti dan menggunakannya dalam komunikasi. Fitur unggulan lain adalah edit translation, yang memungkinkan pengguna mengubah queries kata.

Voice Translator Free

Aplikasi ini membantu mengatasi kesulitan dan menerjemahkan lebih dari 50 bahasa. Voice Translator Free memungkinkan hasil terjemahan dengan teks dan omongan serta sebaliknya, sehingga sangat mudah digunakan.

Voice Translator Free

Cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah dan memberikan hasil yang diperlukan tepat waktu. Aplikasi ini juga sangat stabil dan dapat digunakan tiap saat ketika berada di berbagai belahan dunia.

iHandy

Interface iHandy dikenal ramah pengguna, stabil, dan jarang mengalami gagal fungsi. Aplikasi ini menyediakan lebih banyak fitur dalam versi berbayar dibanding yang gratis, meski keduanya sama-sama memberi hasil maksimal.

iHandy

Pengguna iHandy bisa menerjemahkan dari satu bahasa asing ke bahasa lain dengan cepat. Dengan kemudahan ini, iHandy yang mampu menerjemahkan basic language cocok dalam berbagai situasi dan kondisi.

Medical Spanish: Healthcare Phrasebook with Audio

Aplikasi ini sebetulnya digunakan para tenaga kesehatan untuk menerjemahkan istilah medis dalam bahasa latin. Namun aplikasi ini ternyata bisa digunakan traveler yang sangat asing dengan bahasa latin.

Medical Spanish: Healthcare Phrasebook with Audio

Medical Spanish: Healthcare Phrasebook with Audio menyediakan vocabulary, directions, common expressions, dan verb conjugations. Saat ini aplikasi hanya tersedia untuk gadget berbasis android.


10 Terjemahan Google Translate Kocak di Luar Dugaan, Auto ‘Ketawa Nangis

Google Translate adalah salah satu cara termudah untuk mencari tahu arti dari bahasa asing yang tidak kamu mengerti. Namun ternyata beberapa istilah bahasa asing tersebut bisa memiliki arti tak terduga yang justru membuatmu jadi tertawa ngakak.

Walaupun terjemahan-terjemahan Google Translate ini hanya merupakan hasil editan netizen, tetapi bisa dijadikan bahan untuk dibagikan ke teman-temanmu agar bisa tertawa bersama. Berbeda dari terjemahan pada umumnya, beberapa terjemahan Google Translate di bawah ini justru terlihat seperti sebuah tanggapan. Berikut ini beberapa terjemahannya.

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Bisa pas gini ya artinya.. Jadi lebih kayak tanggapan kan bukan arti dari sebuah kalimat?

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Ya udah yuk kalau begini ceritanya mending cari yang baru aja deh. Si Google translate aja bilang kalau kamu mending nggak usah balik sama doi lagi.

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Baca terjemahan Goggle Translate yang satu ini jadi bikin pengin senyum-senyum sendiri deh..

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Memang ada baiknya nggak perlu dipendam-pendam sih, biarkan saja semuanya terjadi dan mengalir. Jadi berasa kayak dikasih saran sama Google Translate ya..

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Ternyata arti dari bu nuh man tan dalam bahasa Hawai tuh ini. Jadi pengin ngakak sampai ‘bengek.

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Nggak selalu baik, kadang ada juga yang kejam kayak gini. Bikin jadi down nggak semangat deh..

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Tanda Google Translate masih peduli sama gebetan dan kehidupan percintaanmu. Jangan bunuh-bunuhan ya, nggak baik.

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Yaudahlah kalau ada orang ketiga yang muncul dan bilang dia sayang banget sama pacarmu, relakanlah. Jawab seperti yang dikatakan Google Translate, ‘ambillah’.

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Ketika Google Translate berubah menjadi Google sang peramal. Jawabannya jadi bikin kamu ngerasa kayak abis diramal kan?

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Udah 2022 yuk mending kita sama-sama move on. Google Translate aja bilang kalau balikan sama mantan itu tidak menyenangkan.

Terjemahan Google Translate di Luar Dugaan

Itulah beberapa terjemahan Google Translate nyeleneh di luar dugaan yang bisa bikin kamu ketawa ngakak. Jadi apakah kamu cukup terhibur setelah membacanya?

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.